Pesan dan Nasehat Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi dalam dunia pendidikan

Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi

Beliau adalah pimpinan pondok Modern Darussalam Gontor  Ponorogo, perjuangan, pengabdian dan pengorbanannya kepada umat telah banyak membuahkan hasil yang sangat luar biasa. Ia adalah seorang guru yang tak pernah kenal lelah dalam mendidik santri dan para guru, seorang suri teladan yang menanamkan jiwa penuh keikhlasan, seorang motivator yang telah banyak menginpirasi kehidupan, pendidikan, serta pengajaran. Pada saat ini, berkat doa dan kebersamaan seluruh komponen keluarga pondok modern darussalam Gontor, pondok-pondok cabang berdiri, pondok alumninya tersebar keseluruh negeri, dan InsyaAllah seribu gontor akan segera terwujud diatas muka bumi.

Orang yang tidak MAU APA-APA, tidak akan MENDAPAT APA-APA, maka ia tidak akan BISA APA-APA, dan akhirnya pun, ia tidak akan JADI APA-APA. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Dalam pandangan saya, seluruh santri dan guru adalah calon pemimpin, maka kami memperlakukan mereka sebagai orang-orang penting, berharga, dan terhormat, bukan lagi sebagai orang biasa, apalagi pembantu atau karyawan. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Pemimpin di Gontor adalah pendidik yang setiap saat mengarahkan, memberikan tugas, melatih, mengawal, memberikan tauladan dan mendoakan. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Hanya pejuanglah yang tahu arti sebuah perjuangan, dan hanya orang-orang pentinglah yang tahu arti sebuah kepentingan. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Pemimpin yang mengkader berarti pemimpin yang tidak takut disaingi, berarti juga pemimpin yang senang apabila muncul orang-orang yang lebih baik dari dirinya untuk nantinya bisa melanjutkan kepemimpinannya. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Dalam pengalaman memimpin Gontor selama 25 tahun lebih ini, tugas yang paling banyak menyita waktu adalah mengkader para santri dan guru. Memanggil, mengarahkan, memberikan tugas dan mengawalnya setiap saat. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Jadilah manusia! Kuat iman, kaya ilmu, kaya jasa dan kaya harta. Semoga dirimu sama dengan seribu orang bahkan sejuta. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Orang besar adalah orang-orang yang berada dikampung atau surau kecil, tetapi dia mendidik dan berjuang dengan penuh keikhlasan, istiqomah, dan kesungguhan, yang tidak kalah surganya dengan orang-orang ditingkat nasional. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Siapapun yang hidup di Gontor harus mengalami proses kepemimpinan. Siap memimpin dan siap dipimpin dengan segala keikhlasannya. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Tidak berlaku! orang diberi tahu, atau dikasih tahu, diberi tugas dan dikasih tugas. Yang berlaku adalah siapa yang banyak mengambil inisiatif, mencari pekerjaan atau tugas, dialah yang akan mendapatkan banyak keuntungan. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Tidak dijamin kalau kyainya kaya, pondoknya akan maju, artinya pimpinan lebih banyak berkorban untuk kemajuan pondoknya. Karena apabila pondoknya maju, maka kiyai atau pimpinannya akan ikut maju. Dan apabila pondoknya berkembang, maka guru-guru pun akan berkembang. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Apabila dalam tempo 5 tahun atau 8 tahun, seorang pemimpin tidak ada prestasi, berarti dia tidak pernah ada kerja keras. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Banyak jalan menuju kesuksesan, kebahagiaan, dan kesejahteraan. Dan kuncinya adalah berpikir keras, bekerja keras, bersabar keras, dan berdoa keras. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Kerjakanlah hal-hal besar, maka kalian akan jadi orang besar. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Kalau pengen belajar sukses, banyak-banyaklah belajar dan membaca biografi dari orang-orang yang sudah sukses. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Pendidikan tidak bisa hanya dengan omongan (perkataan), pendidikan tidak bisa hanya dengan pelajaran saja, tetapi pendidikan juga harus dengan bermacam-macam kegiatan. Kegiatan itu adalah dengan Panggung Gembira, Drama Arena, Olahraga, Seni, Kepanduan, kepramukaan dan lain sebagainya. (Kh. Abdullah Syukri Zarkasyi)

Alhamdulillah, dengan beberapa motivasi beliau kita dapat menambah semangat perjuangan dijalan Allah SWT, silahkan dicomment bagi teman-teman Alumni Gontor atau siapapun yang masih menyimpan kata-kata mutiara beliau, dan share apabila bermanfaat dalam pengabdian umat. Jazakallahu Khairan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Mutiara Kh. Hasan Abdullah Sahal